4 Permasalahan dalam Saluran Air dan Pipa

Menu Atas

4 Permasalahan dalam Saluran Air dan Pipa

shinobi apuy
4/10/2020

Tidak hanya fitting atau jenis pipa PVC saja yang menjadi masalah kebocoran, tapi banyak lagi masalah yang terdapat di saluran air. Apa saja masalahnya dan bagaimana menanganinya? Air adalah kebutuhan yang sangat penting di dalam rumah. Setiap kegiatan di rumah tangga tidak terlepas dari keberadaan air. Misalnya, memasak, mencuci, mandi, dan menyiram tanaman. Ketika terjadi permasalahan air tentu sangat mengganggu aktifitas tersebut. 

Permasalahan Dalam Saluran Air Dan Pipa
Gambar: Realtor.com

Air mampet dapat menggangu tidak terlaksananya kegiatan itu. Pipa dan kran air yang bocor akan membuat lantai becek dan tagihan air melonjak. Tekanan air yang rendah membuat kegiatan rumah tangga menjadi sangat lambat dan tidak dapat terselesaikan dengan cepat. Untuk itulah segala permasalahan air harus segera ditangani agar tidak terjadi hal-hal yang buruk.

Penanganan Permasalah Air


Berikut ini adalah 4 permasalahan air yang umumnya terjadi di dalam rumah tangga. Yaitu, kebocoran pada pipa, kemampetan pada pipa, tekanan air yang rendah dan kebocoran pada kran. Dilengkapi dengan penanganannya.

1. Kebocoran Pada Pipa

Kebocoran Pada Pipa Air
Gambar : JTS Plumbing

Segera ketahui penyebab pipa bocor agar dapat dilakukan penanganan. Cara menanganinya bisa dilihat seperti ini.

  • Mencari tau lebih jelas tentang penyebab kebocoran
  • Matikan instalasi air
  • Bongkar area yang bocor
  • Temukan pipa yang bocor
  • Jika tidak menemukan, buat area perkiraan dan ganti area perkiraan dengan pipa yang baru. Pastikan menggunakan fitting pipa yang tepat seperti Rucika.
  • Nyalakan air kembali untuk memastikan

2. Kemampetan Pada Pipa

Cara pertama untuk menanganinya ialah dengan mengurutkan dimana terjadi mampet. Dan dicoba untuk ditusuk dengan kayu agar sampah yang menjadi mampet dapat keluar. Cara lainnya ialah menggunakan soda api yang dicampur air panas agar sampah dapat hancur. Bisa ditambahkan cuka. Siram di dalam pipa yang terjadi mampet.

Gunakan masker dan sarung tangan plastic. Siram satu ember agar sampah dapat terdorong keluar. Namun jangan lakukan langkah ini pada saluran air yang susah untuk keluar misalnya WC mampet, karena dapat membuat pipa rusak.

3. Tekanan Air Yang Rendah
  • Cara 1 periksa kran, apakah kran terjadi kerusakan. Jika tidak terjadi kerusakan, coba naikkan tekanan air pada meteran agar air yang keluar keras lebih deras.
  • Cara 2 memasang pompa listrik sehingga tekanan akan menjadi lebih besar
  • Cara 3 mengubah sistem pipa air, misalnya pipa yang dibuat lebih besar agar ketika menaikkan tekanan maka pipa tidak terjadi kebocoran. Gunakan pipa dan fitting dari Rucika.

4. Kebocoran Pada Kran

Kebocoran Pada Kran Air
Gambar: airconditioningservicesnj.com

Cara penanganan dimulai dengan matikan instalasi air. Putar kran dengan arah berlawanan arah jarum jam agar kran terlepas. Siapkan isolasi pipa dan lilitkan pada drat sebanyak dua lilitan. Pasang kran kembali. Kran dikencangkan kembali dengan kunci pas.

Dengan membaca artikel ini, semoga Anda dapat menyelesaikan dengan segera permasalahan air di rumah Anda. Permasalahan pipa air, fitting pipa dan kran.